Kamis, 24 November 2011

walkthrough the legend of dragoon versi indonesia

THE LEGEND OF DRAGOON 


                                           


  




Penekanan tombol dengan benar dan tepat akan memungkinkan kamu untuk melanjutkan serangan.

Kekuatan pertahanan kamu akan meningkat, ketika kamu dalam bentuk Dragoon.

 
Ketika Level Dragoon mencapai level 5, kamu akan menerima magic baru.




Tentang Addition
Sudah capek dengan sistem battle yang banyak digunakan oleh macam-macam game RPG? Di sini Legend Of Dragoon mungkin merupakan hembusan uda-ra segar yang sedang kamu nanti-nantikan.

Game ini menuntut pe-main untuk aktif dalam per-tempuran. Dengan serangan-serangan combo yang dike-nal sebagai Addition, pemain harus memasukan masing-masing pukulan secara manual untuk membentuk sebuah combo. Setelah kamu menyeting setiap karakter untuk menggunakan addition yang kamu inginkan (setiap karakter memiliki tiga sampai tujuh addition yang dapat kamu gunakan dalam game ini), tekan tombol yang benar dan tepat waktu pada pukulan pertama dan selanjutnya untuk menaikkan point.

Tetap saja kalau kamu inginkan cara lama untuk melakukan ini, kamu dapat membeli item bernama Ultimate War God, yang bakal melakukan proses addition secara otomatis untuk kamu.
Penerbit : SCEA
Pengembang : SCEA
Waktu Penyelesaian : 50-60 jam
Kelebihan : Addition


I. Point Tanda Seru

Point tanda seru ini adalah petunjuk yang dapat kamu gunakan sebagai tanda untuk kamu melakukan tindakan selanjutnya. Tindakan tersebut bisa berupa melompat, mendaki, menaiki, menuruni dan lain sebagainya.
II. Warna Icon

Sementara di suatu tempat atau daerah perkotaan, icon warna kuning mewakili Hotel atau Klinik, icon warna biru mewakili toko atau tempat-tempat dimana kamu Penekanan tombol dengan benar dan tepat akan memungkinkan kamu dapat membeli barang (item) dan icon warna hijau mewakili pintu masuk biasa.
Sedangkan icon yang berada diatas karakter kamu akan memberi petunjuk perubahan warna biru, kuning dan merah tergantung dari keberadaan kamu dekat atau jauh dari musuh (biru berarti kamu aman dan merah berarti kamu sudah terlalu dekat dengan musuh)

III. Pertahanan

Jika kamu memilih untuk Berta-han (defend) selama dalam pertempuran, kamu hanya akan mendapatkan 1/2 damage dari yang seharusnya kamu terima , mendapatkan 10 persen dari total HP yang kamu miliki dan tidak dapat di pukul dengan pukulan yang dapat merubah status (spt: poison, stunt, petrify, dll.)

IV. Addition

Addition akan menaikan level setiap kamu melakukan combo dengan benar sebanyak 20 kali. Maksimum level untuk setiap addition adalah 5. Untuk melakukan addition dengan lengkap kamu harus menekan tombol X dengan tepat ketika karakter kamu sedang menyerang. Addition yang berbeda terdiri dari jumlah pukulan dan damage yang bervariasi, timing (waktu) yang dilakukan untuk menekan tombol X juga bervariasi, dari waktu ke waktu selama melakukan addition, dan ketika kamu menyerang dengan addition musuh dapat melakukan counter dan balik
menyerang kamu. Ketika hal ini terjadi kamu perlu menekan tombol bulat untuk menggantikan tombol X untuk sesaat dan kemudian kamu lan-jutkan addition tersebut dengan menekan tombol X. Jika kamu ga-gal melakukannya maka serang-an kamu akan dipatahkan dan musuh akan berbalik menyerang kamu.

Addition baru akan kamu dapatkan setelah karakter kamu mencapai level yang lengkap. Untuk standard level normal setiap karakter adalah level 5, karakter tersebut akan menerima final special addition yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan standard addition.

Catatan :
Assesories yang dijual di Kota Lohan "Ultima Wargod" dapat berfungsi untuk menjalankan addition secara otomatis tanpa menekan tombol X lanjutan dari pemain, selain itu dengan menggunakan assesories ini tidak menghalangi kamu untuk dapat menaikan level addition seperti juga mengisi SP dan menaikan point serangan kamu.

V. Magic Attack

Menggunakan lawan elemen dapat meningkatkan serangan kamu menjadi dua kali lipat. Menggunakan elemen yang sama akan mengurangi serangan kamu menjadi setengahnya.

Rose, kesatria misterius dengan kesu-litan masa lalu, memiliki kemampuan untuk mengendalikan kegelapan.

 
Albert's Magic Dragoon-Rose Storm dapat membantu menyelamatkan kamu dari serangan-serangan Boss yang kejam.
VI. Pengalaman (Experience)

Ketika mendapatkan tambahan pengalaman setelah pertempur-an, semua anggota party yang ikut berpartisipasi dalam pertempuran akan mendapatkan experience secara merata. Misalnya dalam suatu pertempuran kamu mendapatkan exp 300 dan dalam anggota party ada 3 orang maka masing-masing karakter akan mendapatan experience 100. Sedangkan anggota party yang tidak terlibat secara langsung akan mendapatkan setengahnya saja.

VII. Menjadi Dragoon

Gunakan addition untuk meningkatkan Spirit Point (SP). Ketika SP kamu sudah mencapai 100, kamu dapat berubah menjadi bentuk Dragoon. Maksimum kamu akan tetap menjadi bentuk Dragoon tergantung pada level yang kamu miliki, satu level kamu memiliki 100 SP dan maksimal kamu mencapai level 5. Jadi maksimal kamu tetap dalam bentuk Dragoon adalah 5 putaran.

Dalam bentuk Dragoon ini serangan dan daya tahan kamu menjadi lebih kuat, serta dapat menghilangkan status abnormal pada karakter kamu.

VIII. Dragoon Addition

Untuk melakukan addition dengan bentuk dragoon kamu harus dapat menekan tombol X pada setiap putaran Spirit meter pada waktu yang tepat. Tekan tombol X ketika Jarum pada spirit meter menunjuk ke atas dan berlanjut terus untuk mening-katkan level serangan. Bila kamu menekan tombol dengan sem-purna maka kamu akan dapat menyerang dengan maksimal seperti combo.

IX. Dragoon Magic

Dragoon Magic pada dasarnya adalah mantra sihir dalam game ini. Untuk mengeluarkan Dragoon magic kamu harus dalam bentuk Dragoon dan kamu memiliki Magic Point (MP).

X. Dragoon Special

Ketika semua (ketiga) anggota party sudah dapat berubah menjadi bentuk Dragoon dan
memiliki SP penuh, akan keluar tampilan menu pilihan tambahan "Special" di akhir pilihan pada battle menu. Bila dipilih, pilihan ini akan merubah sekaligus ketiga anggota party menjadi dragoon pada waktu yang bersamaan dan bila karakter yang mengaktifkan special ini melakukan serangan (Attack) maka otomatis akan mengeluarkan addition secara sempurna (perfect).


 
Ketika Urobolus masuk ke dalam bebatuan, gunakan panah atau magic.
DISK SATU
SERDIAN WAR
Bab 01
Itu Akan Membawa Mereka Kembali-Pulang


Setelah menyaksikan peng-hancuran desa SELES oleh pasukan Imperial Sandora, kamu baru bisa mengendalikan Dart, seorang pendekar pengembara (tentara bayaran) sendirian sedang merenungkan peperang-an yang sedang terjadi. Tidak lama kemudian kamu akan bertemu dengan Rose (kamu belum mengenalnya), nantinya Rose akan menjadi anggota party kamu yang paling penting dalam hidup kamu. Ketika Rose memberitahukan pengrusakan kampung kamu (SELES), kamu langsung berlari pulang. Setelah kamu sampai di desa tersebut ternyata kamu sudah terlambat dan tidak dapat menolong lagi.

Pada penyerangan desa tersebut seorang gadis bernama Shana ditangkap dan diculik dibawa ke Helena Prison (penjara Helena). Lalu menjadi panggilan diri kamu untuk pergi ke Helena Prison dan menyelamatkan Shana. Pada waktu kamu pergi keluar desa, berhenti dulu dan belajar tentang bertarung menggunakan pedang dari Master Tasman. Setelah kamu siap, pergi keluar desa melalui gerbang desa kearah Utara, lalu lanjutkan mengikuti rute jalan kearah Selatan. Dalam perjalanan kamu, bicara pada pedagang yang berada di hutan dan belajar tentang item yang dapat kamu gunakan pada saat bertempur.


Bab 02
Pergi Ke Neraka dan Kembali


Setelah sampai di Helena Prison sembunyi di gerobak pedagang yang melewati jalan tersebut. Penjaga akan mendekati dan memeriksa muatan gerobak, kamu menggeser ke samping dan kamu bisa masuk ke dalam penjara. Setelah kamu di dalam bicara pada pedagang yang membawa gerobak, dia akan melaporkan kamu ke penjaga tetapi setelah kamu mengalahkan penjaga tersebut, bicara pada pedagang bahwa kamu tidak bermaksud jahat, dan selanjutnya kamu dapat membeli item pada pedagang tersebut.

Naik ke atas beberapa tingkat malalui tangga dan elevator yang terbuat dari keranjang, dimana kamu akan bertemu dengan Lavitz, kepala pasukan kerajaan Basil. Dengan Lavitz sebagai sebagai anggota party kamu lanjutkan perjalanan menuju keatas. Setelah menemukan kunci untuk membuka sel tempat Shana ditahan di atas kotak di dalam sebuah ruangan sebelah kiri. Gunakan kunci tersebut untuk membuka kunci sel yang kedua, dimana Shana ditahan.

Setelah membebaskan Shana, tinggalkan daerah terse-but dan menuju pintu masuk penjara. Dalam perjalanan menu-ju keluar penjara kamu akan berhadapan melawan Fuegel (kepala penjaga tahanan). Dalam pertempuran ini kamu akan melawan fruegel dibantu oleh dua orang penjaga yang bakal digantikan oleh penjaga lain yang lebih kuat bila ia dikalahkan. Gunakan addition untuk menam-bah point dan memudahkan kamu dalam melawan mereka. Setelah mengalahkan fruegel cepat-cepat lari menuju jembatan dan meninggalkan penjara itu.


Bab 03
Ada Sesuatu Tentang Shana


Setelah melewati padang rumput di world map dalam perjalanan kamu menuju Limestone Cave. Kamu harus menye-berangi sungai di daerah tersebut. Kamu harus menebang pohon yang berada di pinggir jurang di jalan sebelah atas dari pondok (ambil sebilah kapak dari dalam pondok setelah mengalami event sesaat). Di Limestone Cave gunakan batu fireflies untuk memulihkan kesehatan (HP) kamu dan anggota party. Juga
coba menangkap katak di bagian bawah dengan formasi batu-batu kecil, kamu akan mendapatkan peti berisi Poison Guard. Setelah kamu masuk kedalam gua kamu akan bertemu Urobolus, penjaga gua tersebut.

Untuk pertempuran ini sebaiknya perlengkapi Shana dengan poison Guard (jangan lupa untuk menggunakan serangan magic item dan kekuatan serangan addition yang kamu miliki). Pada saat Urobolus masuk kedalam lubang batu di sebelahnya dia akan berada di luar jangkauan serangan pedang. Karakter yang menggunakan pedang sebaiknya menggunakan defend pada saat itu. Setelah mengalahkan Urobolus, keluar dari Limestone Cave dan lanjutkan perjalanan menuju ibukota Bale.

Serang musuh yang sesungguhnya untuk menghilangkan yang palsu.




Bab 04
Anak Yang Royal Kembali Ke Rumah


Ketika kamu sampai di Ibukota Bale, masuk ke dalam rumah seorang seniman pelukis wanita
dan bicara padanya. Dia akan melukis Lavitz, yang kemudian dapat kamu ambil dan bawa bersamamu. Lalu beli sebotol minuman Good Spirit dari sebuah bar di penginapan (hotel) lalu berikan pada laki-laki yang berada di dalam ruangan di bawah air mancur. Ketika sudah menerima sebotol minuman laki-laki itu akan bergeser membuka jalan yang ditutupnya.

Menelusuri jalan tersebut berarti membuka jalan tersem-bunyi yang menuntun kamu menuju ruang bawah tanah di bawah istana (kamu juga akan menemukan dua pintu gerbang Pintu-pintu ini terkunci di akhir jalan ini dapat dibuka dengan cara memutar roda yang hanya dapat dicapai melalui jalan masuk dari dalam istana). Setelah berkeliling kota, masuk ke dalam istana dan menuju ruangan tempat sang raja (Albert) dan para pembantunya sedang berkumpul. Setelah percakapan dengan Raja Albert selesai, bicaralah dengan Shana yang berada di balkon, kemudian tinggalkan istana dan menuju rumah Lavitz ( di dekat sumur).

Lavitz akan memandu kamu melihat rumahnya dan kamu akan bermalam di situ (dari atap rumahnya kamu dapat melihat gudang tempat kamu temukan Healing Breeze). Ketika kamu ingin meninggalkan kota Bale di keesokan harinya dan menuju Martel, ikuti dia menuju rumah orang tua yang tahu tentang Stardust. Dia kemudian akan memberitahukan kamu bahwa jika kamu memberikan Stardust yang kamu temukan selama dalam perjalanan dia akan memberikan sebuah item kepa-damu (bicara padanya sebentar dan otomatis kamu akan menukarkan sturdust dengan item yang dimilikinya). Sekarang tinggalkan Bale dan pergi menuju ke Hoax.


Bab 05
Lahirnya Sang Dragoon


Di Hoax, cari Kaiser, ketua delapan ksatria dan perkenalkan diri kamu. Sementara Lavitz bertemu dengan Kaiser, kamu bebas menjelajahi Hoax. Kembali bicara dengan Kaiser bila kamu sudah selesai. Kamu ditugaskan berjaga di atas benteng.

Setelah kamu menggantikan penjaga siang, kemudian Dart memutuskan untuk mengambil sesuatu. Ketika kamu berjalan setengah perjalanan menuju tangga ke bawah, serangan ke Hoax dimulai, Lavitz dapat ber-tahan di bawah, dan kamu kem-bali ke atas untuk membantu per-tahanan. Kemudian pergi ke ba-wah dan hadapi musuh sebangsa raksasa (Gigantos) bernama Kongol.

Di sini kamu harus berhati-hati, jika kamu tidak dapat me-nyelesaikan additionmu maka Kongol akan melakukan counter. Ketika pertempuran hampir selesai (kamu hampir kalah) Rose datang menyelamatkanmu. Dan membantu kamu me-ngeluarkan kekuatan Dragoon yang berada di dalam dirimu.

Setelah masa penyembuhan, kamu diberitahukan bahwa ben-teng Sevent Fort di Marshland diserang musuh. Tugas barumu yang selanjutnya adalah pergi menuju volcani villide dan mem-bunuh dragon (naga) di sarang-nya. Dengan tugas ini kamu ditemani oleh Rose sebagai anggota party kamu. Sebelum kamu pergi, Rose akan membe-rikan bimbingan untuk menggu-nakan fasilitas Dragoon. Setelah ahli dalam menggunakan keahlian yang baru, kamu pergi dari Hoax menuju Marshland.

Bab 06
Macet


Sementara dalam perjalanan menuju Marshland, kamu melihat benteng Sevent Fort sedang dikepung. Setelah mengusir musuh, kembali seperti semula, untuk menempuh perjalanan menuju Marshland ke sebelah kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Volcano Villude (gunakan perahu untuk mengambil peti sepanjang perjalan).

Bab 07
Api di Angkasa


Di dalam volcano Villude, Shana terpengaruh makhluk (monster) yang disebut sebagai Virage. Lawan dan kalahkan Virage dengan menggunakan keahlian Dragoon yang kamu miliki (ingat: kamu harus menyerang bagian kepalanya untuk dapat mengalahkannya). Kemudian lanjutkan perjalanan sampai kamu menemukan orang yang tergantung di jurang dan berteriak minta tolong, jika kamu menolongnya kamu akan mendapatkan Shapire Pin. Kamu akan segera mengetahui bahwa orang tersebut adalah Dabas, pedagang dari Lohan yang sedang mencari"Burning Gem".

Setelah menolong Dabas, kamu diserang oleh Fire Bird (Burung Api), bos di pegu-nungan tersebut. Dalam pertem-puran Fire Bird menyelam ke dalam Lava (lahar) dan keluar dengan membawa empat buah bola Volcano yang kemudian dilemparkan padamu. Dengan level karakter kamu dan Rose berada dalam anggota party kamu menggantikan Shana, Fire Bird tidak sulit dikalahkan, setelah Fire Bird menghilang dan kamu melanjutkan perjalanan, kamu akan bertemu kembali dengan Dabas yang akan menawarkan dagangannya.


Bab 08
Membalas Dendam Sang Ayah


Setelah melewati Volcano Villude, masuk ke dalam Sarang Naga. Lalu berjalanlah dan kamu akan jatuh melalui sarang laba-laba yang besar dan mendarat di dasar goa (minum dari kolam kecil akan memulihkan HP kamu). Dekati tumbuhan yang tumbuh di pinggir jalan setapak tersebut dan lakukan aksi pada tumbuhan itu sampai mati, setelah tumbuhan mati maka jalan akan terbuka.

Lanjutkan jalan menuju goa dan kamu akan menemukan Greham, ksatria pembelot dari basil, yang mengendalikan naga hijau yang masih kecil (anak). Kamu harus melawan keduanya Greham dan anak naga tersebut, jadi kamu harus dapat menggunakan keahlian kamu menjadi Dragoon dan addition dengan baik. Greham lebih cepat dibandingkan dengan anak naga tersebut, jadi fokuskan penyerangan pada Greham. Setelah mengalahkan keduanya lavizt akan mendapatkan Dragoon Spirit, Dragoon Spirit ini akan membuat Ravitz dapat berubah menjadi Dragoon.

Setelah kamu menang tiba-tiba Shana sakit, kamu harus cepat-cepat menuju Lohan sebelum penyakit Shana bertambah parah, naik keatas dan lanjutkan perjalanan ke Lohan.


Bab 09
Meracuni Pikiran


Setelah mengantarkan Shana ke rumah Senator untuk perawatan intensif, jelajahi kota lohan untuk mencari informasi tentang tumbuhan dragoni (dragoni plant). Masuki rumah Dabas (penjual barang antik) yang kamu pernah temui di Volcano Villude, untuk mendapatkan informasi tentang lokasi tempat tumbuhan yang sedang kamu cari. Terletak dibelakang tempat Shana merasa sakit (karena udara bearcun) tepatnya di sebelah utara hutan Dragon Nest (sarang naga). Kamu juga diberitahu bahwa air danau (mata air) yang berada di sarang naga (dragon nest) di dasar gua dapat memindahkan tumbuhan penghalang jalan yang akan kamu tempuh di hutan tersebut.

Turun ke jalan paling bawah di kota Lohan (dekat Pintu keluar) untuk meminta sebuah botol pada seorang pedagang (dengan terus menawar kamu akhirnya akan mendapatkan botol itu secara gratis), lalu berangkat ke hutan Dragon Nest.


 
Jangan menyerang Shirley. Pilih, Defend agar kamu dapat mencoba melewati tes.



 
Dengan Kecepatan dan kekuatan seperti yang tidak pernah kamu lihat, Loyd dapat mengalah-kan kamu.
Bab 10
Sebuah Test Kelayakan


Dihutan kamu masuk ke dalam Dragon Nest (sarang naga) untuk mengambil air dengan botol dari mata air yang berada di bawah, kemudian gunakan sebotol air tersebut untuk menyiram pohon (tumbuhan) yang menghalangi jalan kamu dihutan, dan kamu dapat melanjutkan perjalanan ke utara menuju tempat suci Shirley.

Setelah sampai di dalam, jalan menuju peti yang berada di atas tangga dekat pintu bagian belakang. Buka peti untuk mendapatkan kejutan jatuh terperosok ke dalam kereta. Kereta akan berjalan turun mengikuti track-nya, di jalan yang dilewati dia akan memberitahu-kan tiga nomor kunci yang dapat kamu gunakan untuk memecah-kan teka-teki yang nanti akan kamu temukan.

Selanjutnya gunakan roda di balkon untuk membuka pintu batu di bawah (di pintu depan sebelah kiri di ruang utama), kemudian jalan terus untuk memeriksa patung emas di dekat air. Setelah itu, jalan melewati ruangan ke sebelah kanan pintu masuk ruangan, tempat kamu bisa menemukan patung yang kedua yang berwarna abu-abu. Patung-patung ini juga merupakan petunjuk untuk memecahkan teka-teki yang bakal kamu dapatkan.

Tujuan kamu selanjutnya adalah mengatur tiga buah piringan yang kamu temukan di tengah perjalanan diatas sebelah tangga. Memasukan 3, 5, dan 2, kemudian lajutkan perjalanan ke atas melalui jalan yang baru terbuka kemudian kamu menemukan 2 buah patung yang dapat diatur (diputar) untuk dapat menaiki tangga. Seperti sudah diberitahu sebelumnya, hadapkan patung emas kedepan (forward) dan patung abu-abu ke kiri (left) kemudian naiki tangga ke atas.

Ketika kamu hampir sampai di ruangan paling atas, Drake akan menghadangmu, dan menan-tangmu, dia mengira kamu pencuri yang ingin mengambil hartanya. Pertempuran ini merupakan waktu yang tepat untuk mencoba menu battle baru (special). Pada saat pertarungan Drake akan mengeluarkan semua trik yang dimilikinya. Setiap triknya mengandung bahaya, kamu harus berkonsen-trasi pada pertahanan kamu dalam menghadapi serangan-serangan yang dilancarkan secara gencar oleh Drake, dan kamu harus mematahkan pertahanan Drake yang berupa shield.

Setelah kamu mengalahkan Drake, Shirley penghuni tempat suci, akan muncul. Shirley akan menawarkan kamu sebuah alternatif atau pilihan untuk menyembuhkan Shana, tetapi pertama-tama dia akan mengetes kamu apakah kamu patut mendapatkannya atau tidak. Intinya adalah bukan melawan Shirley (pilih defend), melainkan untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar, dan jawaban yang perlu kamu jawab adalah :


T : Dart, Lavitz. Why do you figth?
J : To protect those we love.

T : Dart, I have been waiting. Why did you leave without saying a word?
J : To purpsue the black monster.

T : Dart, What are you going to do after you find the black monster?
J : Of course, get revenge!

T : The Black Monster or me, Dart?
J : Shana.

T : Lavitz! What are you doing here! Forget Shana and go back.
J : That's not like you.

T : Lavitz! Are you disobeying my order? Choosing one over many?
J : Shana needs me!

T : And still want to go :
J : No matter what, I will go.

T : Lavitz, I ask you. Who is the most important person for you to protect?
J : Mother.

T : Lastly Rose, I ask you. What does life mean to you?
J : Nothing but sacrifice.


Dengan menjawab pertanya-an ini kamu akan memuaskan-nya, Shirley akan memberikan kamu Dragoon Spirit Putih Perak. Setelah kamu mendapatkannya, kembali menuju Lohan dan gunakan Dragoon Spirit untuk menyembuhkan Shana.


Bab 11
Gladiator


Setelah kamu sampai di Lohan secepatnya pergi ke rumah senator dan berikan Dragoon Spirit kepada Shana. Dia akan sembuh total, setelah itu senator akan memberitahukan padamu untuk mencoba mengikuti kompetisi. Untuk ikut kompetisi kamu harus pergi ke tempat kompetisi diadakan di kota Lohan.

Ketika kamu sudah siap mengikuti kompetisi, turuni tangga dan bicara pada panitia kompetisi. Kontestan pertama Gorgaga akan berbuat curang dan mengeluarkan poison, jadi kamu harus berhati-hati dan pastikan kamu membawa poison guard dalam pertempuran ini. Serfius, lawanmu yang kedua akan memaksamu menggunakan addition. Ronde ketiga kamu akan melawan Danton, dia akan bertahan dan melakukan konter. Pada saat ini kamu sebaiknya tidak menyerangnya karena dia akan menghindari serangan kamu dan balik membalas. Danton juga mampu menyerang kamu dengan satu kali pukulan yang mematikan, jadi pastikan kamu memiliki obat penyembuh (healig potion) yang sangat berguna. Lawan kamu di semifinal adalah Atlow. Atlow memiliki serangan yang mengeluarkan fear (status takut), pastikan kamu memiliki Mind Purifier dalam kantong item kamu atau menggunakan Bravery Amulet. Lawan yang terakhir yang akan kamu hadapi adalah Loyd, kamu tidak dapat mengalahkannya jadi jangan buang-buang waktu dan item untuk menyerangnya.

Setelah turnamen selesai, perkenalkan Haschel pada anggota party kamu. Setelah perkenalan selesai, Lavitz akan memberikan kamu tiket bermain yang akan kamu temukan di sekeliling arena. Jika kamu memerlukan tiket tambahan atau ingin menukat tiket yang kamu miliki dengan item , kamu dapat melakukannya di sebuah gubuk atau stand di sebelah pintu masuk. Permainan yang akan kamu mainkan yaitu sebagai berikut :

Menaklukan monster
Lemparkan bola ke monster kecil yang muncul, permainan ini tidak mendapatkan hadiah tiket tambahan.
Siapa orangnya?
Pilih salah seorang laki-laki yang di dalam topinya tersembunyi burung berwarna pink, permainan ini berhadiah tiga buah tiket jika kamu menebak dengan benar.
Apa yang berubah?
Temukan tiga buah benda yang berubah tempatnya didalam sebuah ruangan, permainan ini berhadiah tiga buah tiket jika kamu menemukan dengan benar tiga buah benda yang berubah kedudukannya.
Latihan rintangan
Hindari atau menunduk pada rintangan dan mencapai akhir sebelum mencapai waktu 400, hadiah tiket yang kamu dapatkan tergantung pada waktu yang tersisa pada saat kamu mencapai akhir.
Bab 12
Master Luke, Kamu Berdiri Di ....


Sekarang waktunya untuk kembali menuju istana Bale dan memberikan laporan kepada Raja Albert. Ketika kamu akan meninggakan Lohan kamu mengetahui bahwa Raja Albert sudah ditangkap dan ditahan di Hellena Prison (penjara Hellena). Pada saat itu muncul Haschel dan bergabung bersama anggota party kamu. Tinggalkan Lohan dan menuju Hellena Prison.

Di dalam Hellena Prison, langsung menuju tempat kamu dapat menemukan elevator yang pada saat kunjungan pertama ke Hellena Prison elevator tersebut sedang dalam perbaik-an. Naiki elevator tersebut menuju keatas (gunakan tali, tangga, tebing dan elevator lain untuk mengabil peti yang terdapat disepanjang jalan Sekarang waktunya kembali ke istana Bale dan memberikan laporan kepada Raja Albert. Ketika kamu akan meninggakan Lohan kamu mengetahui bahwa raja Albert sudah ditangkap dan ditahan di Hellena Prison (penjara Hellena). Pada saat itu muncul Haschel dan bergabung bersama anggota party kamu. Tinggalkan Lohan dan menuju Hellena Prison.

Di dalam Hellena Prison, langsung menuju tempat yang di bawah dimana kamu dapat temukan elevator yang pada saat kunjungan kamu yang pertama ke Hellena Prison elevator tersebut sedang dalam perbaikan. Naiki elevator tersebut menuju ke atas (gunakan tali, tangga, tebing dan elevator lain untuk mengabil peti yang terdapat disepanjang jalan di daerah tersebut), dan lajutkan terus ke depan.

Setelah kamu jatuh ke dalam lubang jebakan (Goa), periksa tembok di depan Shana, pada saat itu datanglah tamu tak diundang. Jiango, monster yang hidup di bawah goa, gunakan serangan menggunakan item yang kamu miliki yang dapat membuat monster tersebut tertidur dan serangan dengan atribut angin akan sangat membantu. Setelah kamu mengalahkan monster tersebut naik kembali ke atas lewat tangga
yang muncul begitu saja.

Setelah kamu tiba di ruangan tempat sebelum kamu jatuh kedalam lubang (gua), jalan ke kiri. Tidak terlalu jauh kamu akan sampai di ruangan Fruegel, dimana dia hampir saja akan membunuh Raja Albert. Fruegel akan menyerangmu dengan bantuan dua mahluk pengawal-nya, monster bersayap disebut Rodriguez dan monster seperti seekor babi disebut Guftas. Guftas dapat mengeluarkan Confusion (membuat karakter kamu berstatus membingungkan), pertarungan berakhir ketika Fruegel dikalahkan, jadi fokuskan serangan kamu kepadanya. Setelah pertempuran tiba-tiba Loyd muncul dan mengambil moon Gem dari Raja Albert, dia juga mengambil sesuatu yang sangat penting dan diperlukan oleh anggota party kamu yaitu nyawa Lavitz.


Bab 13
Kita Pergi Untuk Melihat Keajaiban


Kembali Seles, bicara pada anggota party kamu untuk mendapatkan informasi dari Albert tentang Moon Gem. Setelah itu ditentukan bahwa tujuan kamu selanjutnya adalah menemui Emperor Doel di Black Castle di Kazas. Kemudian Albert ikut bergabung bersama anggota party kamu.

Tiba di Kazas, periksa dan telusuri benteng bawah tanah yang dibangun oleh penduduk setempat, di ruang bawah sebelah kiri kamu akan menemukan seorang anak bernama Popo, yang akan memberikan kamu kuis berupa pertanyaan tentang sekitar perang yang sedang berlangsung, yang hasilnya akan terlihat kalau kamu akan bergabung dengan Serdio party, jawaban untuk pertanya-annya adalah :

T : Which country do you want to win, Basil or Sandora?
J : I cannot say which.

T : During the war, what should powerless kids like us do?
J : Take care at home.

T : Why do people have to fight?
J : To protect some thing.

Setelah kamu diterima menjadi anggota Serdio Party, ikuti Popo menuju jalan rahasia untuk masuk ke Black Castle. Di jalan rahasia itu kamu membutuh-kan tali untuk dapat menyeberang dari lobang satu kelobang lainnya dalam perjalanan menuju Black Castle. Setelah sampai di Black Castle, masuklah ke dalam ruangan pusat penelitian api (ke kanan di ruang sebelah bawah) dan dapatkan Magic Oil dari seorang peneliti.

Selanjutnya Magic Oil sebagai akses kamu untuk memasuki ruangan yang ada di sekitar Black Castle. Selanjutnya naiki elevator dengan menggunakan Magic Oil sebagai akses menuju tempat mendaur ulang sampah (pem-buangan) dan dapatkan Red Stone dari dalam peti di samping pos pengawas (seberangi jembatan tanpa terlihat oleh pengawas). Kembali ke pintu masuk Black Castle dan naiki elevator di sebelah kiri menuju lantai dua, jalan ini menunju ke tempat Magi si peneliti Magic.

Setelah bicara dengannya, ambil Blue Stone dari dalam peti di dalam ruangannya. Setelah selesai kembali ke pintu masuk dan menuju elevator di sebelah utara (atas) pintu masuk dan naik ke atas untuk menemukan ruang Great Commander di lantai empat. Bicara padanya dan dia akan memberikan Yellow Stone. Dengan mendapatkan tiga buah stone (batu) tersebut lanjutkan perjalanan ke atas dengan menggunakan elevator. yang lain (menuju ke atas) sampai kamu menemukan jalan tangga memutar dengan patung seorang Dewi di tengahnya.

Letakan ketiga stone tersebut di panel yang berada di samping padung Dewi diatas dan pintu yang tersembunyi dibagian ba-wah patung Dewi akan terbuka. Masuk pintu tersebut dan gunakan elevator di dalamnya untuk naik ke atas menuju jalan yang memutar menuju ruangan Emperor Doel. Setengah perja-lanan memutar kamu akan diha-dang oleh Kongol, Giganto (rak-sasa) yang pernah melawan kamu di Hoax.

Sekarang Kongol jauh lebih kuat; untuk mengalahkannya dengan cepat, gunakan serangan magic angin (wind) milik Albert. Dalam pertempuran ini juga Kongol menggunakan Magic Barrier. Ketika ini terjadi, gunakan serangan addition kamu dengan sempurna untuk menyerangnya, jika addition kamu gagal maka kamu akan mendapatkan serangan balik yang lebih kuat.

Setelah kamu melewati kongol, masuk ke dalam ruangan Emperor Doel dan menghadapinya. Bertempur dengan Emperor Doel tidak semudah seperti kelihatnnya, karena jika kalah ia akan berubah menjadi Dragoon. Jika ia berubah menjadi Dragoon serangan Final Burst yang dimiliki Dart (magic dalam bentuk Dragoon) akan dapat sangat membantu. Ketika Doel hampir kalah dia akan mengeluarkan Barrier yang dapat menahan serangan yang kamu lancarkan, jadi pada saat ini sebaiknya kamu bertahan saja sampai kamu dapat menyerang lagi. Setelah Doel dikalahkan ia akan memberikan peringatan dan anggota party kamu akan mendapatkan Dragoon Spirit Violet (Haschel).


 
Poison Guard akan sangat membantu ketika kamu melewati daerah Barren.



 
Untuk menemukan Dragoon Spirit yang lain, kembali menuju Lohan ketika Kongol bergabung dengan anggota party kamu.
DISK DUA
PLATINUM SHADOW
Dart memutuskan mengejar Loyd ke Tiberoa. Dengan alasan pribadinya, anggota party kamu memutuskan untuk ikut.

Bab 14
Benda Itu Ada Di Bintang


Di kota Flezt, jalan ke pintu masuk Twin Castle untuk melihat Putri Emille yang baik hati sedang menemui rakyatnya. Selanjutnya, temui Kaffi didalam bar untuk mendengarkan ceritanya tentang seorang astromi yang bernama Fester (tetap terus bicara padanya sampai dia memberitahukan tempat tinggal Fester). Pergi ke rumah Fester di dekat penginapan (hotel) dan bicara padanyatentang "The Moon Than Never Sets". Setelah itu, kunjungi rumah Nello (dekat pintu masuk kota) dan ceritakan padanya bahwa kamu akan membantunya dalam proyeknya untuk mengembalikan penghijau-an dunia dengan tumbuhan, dengan begitu kamu akan ada tempat untuk bermalam.

Keesokan paginya, bertemu dengan Martel di bar dan Stardust yang kamu miliki dengan item yang miliknya (kamu akan mendapatkan Physical Ring dan Amulet jika kamu memiliki cukup Stardust). Kalau kamu sudah siap, pergi dari kota itu dan pergi melewati Barren dalam perjalanan kamu ke utara menuju Donao.

Ditengah perjalanan menuju Barrens, kamu akan dicegat oleh kelompok Gehrich. Mappi sang pemimpin memiliki serangan mematikan jadi siapkan item angle prayer untuk melawannya. Setelah mengalahkan Mappi (kalah-kan anak buahnya untuk dapat mengalahkan Mappi), sesuatu yang tidak diperkirakan terjadi, Dragon Spirit milik Dart dicuri dan dibawa pergi oleh Mappi. Dan tidak ada yang dapat kamu lakukan untuk saat ini, jadi lanjutkan perjalanan menuju Donau.

Bab 15
Tujuh dari Sembilan


Setibanya di Donau, bicaralah kepada Kate yang berada di rumah dekat pintu masuk kota, ambil surat dari suaminya untuk diberikan kepada Mayor (rumah yang letaknya paling tinggi di kota tersebut). Mayor akan memberitahukan kepada kamu bahwa markas kelompok Gehrich berada di lembah Corrupted Gravity.

Dalam perjalanan ke rumah Mayor, kamu bertemu dengan gadis bernama Meru. Kemudian Meru akan menjadi anggota party kamu, lalu tinggalkan Donau dan kembali menuju Fletz untuk mendapatkan izin memasuki lembah Corrupted Gravity dari King Zior (raja Zior).

Bab 16
Tolong Aku Dart... Kamulah Harapanku


Ketika kamu kembali ke Fletz, lewati penjaga untuk masuk ke dalam istana Twin Castle. Seberapapun kerasnya usaha Meru untuk dapat masuk, penjaga tetap tidak mengijin-kannya. Temui Fester di toko (item shop) yang berada dekat pinu istana. Dia kemudian meng-ajak kamu untuk mengikutinya pulang (kerumahnya), dari sana dia akan mengajak kamu masuk ke dalam istana untuk menemui King Zior (ikuti, berjalan di belakangnya jangan sampai tertinggal). King Zior akan memberikan kamu ijin untuk memasuki lembah Corrupter Gravity dan memperingatkan kamu tentang bahaya yang akan kamu hadapi di sana.

Ketika kamu akan pergi me-ninggalkan Twin Castle, seorang dayang Lady Maid Libriya menghentikan kamu dan memin-ta kamu ikut dengannya bertemu Putri Lisa. Setelah kamu bicara dengannya, temui dayang Lady Maid Libriya di tangga utama untuk diantarkan ke ruang makan malam. Setelah makan malam ikuti Libriya ke kamar tidur agar kamu dapat bermalam. Bicara kepada anggota Party kamu untuk dapat melewati malam. Selanjutnya tinggalkan Fletz dan pergi ke Barat Daya melalui Barrens untuk menuju ke Lembah Corrupter Gravity.


Bab 17
Kacau-Balau


Di lembah berikan tanda ijin yang diberikan oleh King Zior kepada penjaga dan dia akan membuka pintu gerbang. Lewati pintu gerbang untuk memulai mencari kelompok Gehrich. Pokok ma-salahnya adalah gaya gravitasi di situ tidak berfungsi sebagaimana biasanya. Batu-batuan mengam-bang di udara, dan kamu dapat menggunakannya untuk menye-berang ke tempat yang seperti-nya tidak dapat kamu capai.

Dalam perjalanan kamu menuju tempat yang paling atas, kamu akan menemukan save point (disana ada sebuah item yang sangat penting yaitu Talisman di dekat sebuah peti), kamu akan menemukan satu lagi legenda mahluk Virage, kali ini dalam bentuk yang sempurna (usahakan membawa item Panic Guard, Braveri, Amulet atau talisman), dengan menyerang bagian kepalanya, kamu dapat mengalahkannya dengan mudah. Setelah Virage itu mati, bicara kepada angota Party kamu, lalu lanjutkan perjalanan.


Bab 18
Dengan Kekuatan 10 Laki-laki


Ketika kamu sampai di Home of Giganto (rumah para raksasa), kamu harus tetap berlari atau kamu akan terkena anak panah (tekan tombol yang ada didalam sebuah rumah, di sebelah kiri untuk menghentikan perangkap anak panah). Naik ke atas dan coba untuk membuka pintu ger-bang yang ada di sebelah atas, kemudian coba untuk kembali kebawah, kamu akan dihadang. Setelah menghindari serangan anak panah, tidak lama kemudian kamu akan diserang oleh anak buah Gehrich. Kalahkan mereka, lanjutkan perjalanan ketempat persembunyian kelompok Gehrich untuk bertemu dengan Gehrich. Dalam pertempuran melawan Gehrich, kamu harus mengikut sertakan Dart dan Heschel dalam anggota party kamu. Karena Gehrich memiliki attribut Earth, maka Albert yang memiliki Attribut Wind akan dapat sangat membantu anggota party kamu. Juga karena Mappi yang memiliki serangan mematikan ada di pihak musuh, sebaiknya kamu mempersiapkan karakter penting kamu seperti Dart untuk menggunakan Talisman dan item Angle Prayer untuk anggota party kamu yang lainnya. Setelah kamu mengalahkan Gehrich dan Mappi, kamu akan mendapatkan kejutan dari kawan lama.

Bab 19
Cerita Tentang "Batu Ajaib Yang Bersinar"


Dengan Kongol menjadi ang-gota party kamu, cari ruangan yang tersembunyi di bawah, tem-pat kamu bertempur melawan Gehrich, untuk mengambil Dragoon Spirit milik Dart dan membe-baskan Lyn (tawanan dari Donao). Lynn menceritakan seca-ra lebih jelas tentang apa yang Gehrich bicarakan ketika kamu mengalahkannya, jadi setelah menemukan Dragoon Spirit (ada di bawah sebelah kanan ruang-an), kembali menuju Twin Castle.

Jika kamu ingin melihat pernikahan Lynn dengan Kate, kembali ke Donao terlebih dahulu sebelum ke Twin Castle. Dengan demikian kamu akan mendapat kesempatan untuk mendapatkan "Bouquet" (rangkaian bunga yang dilempar pengantin) dari kate.

Dalam perjalanan mencari kekurangan Dragoon Spirit yang belum kamu miliki, pergi ke kota Lohan didaerah "South of Serdio" (sebelah selatan Serdio) sebelum menuju Twin Castle dan cari pedagang di pinggir jalan (tempat kamu membeli sebuah botol sebelumnya). Jika kamu memberikan 1000 Gold yang dimintanya, dia akan memberikan Golden Dragoon Spirit, sekarang Kongol dapat berubah menjadi Dragoon.


 
Di Lideria, Pete akan meminta bantuan kamu untuk mengantar ibunya ke Fueno.

Bab 20
Menyelamatkan Sang Putri


Setelah perjalanan kepenting-anmu selesai, dan kamu kembali menuju Fletz, masuk ke dalam Twin Castle untuk menghentikan pesta ulang tahun Putri Emille. Mulai misi ini dengan mencari Putri Lisa di ruangannya, di puncak Star Tower (menara bintang) dan jangan sampai terlihat oleh penjaga. Ajak dia bersama kamu untuk menemui putri Emille di ruangannya di puncak Moon Tower (menara bulan), tetap hindari penjaga.

Di dalam ruangan, cari lukisan Putri Emille untuk jalan menuju tempat Putri Emille ditahan di dalam lukisan. Selanjutnya aktifkan jembatan menuju putri Emille dengan mengaktifkan benda bersinar yang ada di dinding. Akhirnya dengan kedua putri berada di pihak kamu, pergi ke istana Matahari (tempat Raja) untuk memberitahukan kepada raja tentang sesuatu yang kamu ketahui. Setelah diketahui, si penipu menunjukan dirinya yang ternyata adalah Lenus (anggota kelompok Gehrich). Terjadilah pertempuran untuk memperebut-kan Moon Dagger.

Karena attribut Lenus adalah Water (air), maka Dragoon Magic dan addition milik Dart akan sangat membantu, jadi berubah menjadi Dragoon secepatnya (gunakan Special jika kamu bisa). Perhatikan kecepatan serangan Lenus dan kekuatan serangan-nya, Albert dengan Rose Storm dari Dragoon Magic-nya akan sangat membantu. Setelah mengalahkan Lenus, lanjutkan perjalanan kamu menuju Donao, dimana kapal laut Quen Fury berlabuh.


Bab 21
Hantu yang Mengancam


Di Donao, langsung menuju pelabuhan dan naik keatas Quen Fury. Selanjutnya kamu harus mencari anggota party kamu, temui bergantian satu persatu, dan posisi serta urutan mereka adalah sebagai berikut:
Shana di luar deck bagian bawah
Dart di anjungan,
Rose di atas menara pengintai,
Haschel di deck bagian atas,
Kongol di ruang ketel uap,
Albert di ruang kabin,
Meru di kamar tidur,
Dart di anjungan lagi dan terakhir,
Rose di menara pengintai lagi (jika kamu bicara pada koki didapur, kamu dapat memainkan sebuah mini game). Setelah kamu menemui Rose untuk kedua kalinya, Quin Fury akan didatangi kapal hantu yang menjadi legenda.

Shana yang terlempar ke dalam kapal hantu secara tidak sengaja, dan sudah tidak sadar-kan diri ketika kamu menemukan-nya. Dari sini, telusuri daerah kapal hantu untuk mendapatkan tambahan senjata atau perse-diaan item, setelah selesai kembali menuju kapal Quin Fury dan menuju ke bawah. Jika kamu ingin beristirahat, masuk ke kabin di sebelah kiri kru kapal.

Di kapal hantu. Pertama, coba untuk memasuki ruang kapten kapal hantu, ketika kamu ketahui bila pintunya terkunci, lanjutkan perjalanan kebawah menuju jalan gang dibawah. Kamu akan melihat spirit (hantu) lari menuju salah satu ruangan. Ikuti dia memasuki ruangan dan buka peti kayu yang kamu lihat diruangan tersebut. Setelah mengalahkan tengkorak hidup yang dikirim untuk menghentikan kamu, kejar spirit yang menuju ruangan sebelah melalui jalan gang. Buka peti untuk menemukan spirit, kemudian setelah pertarungan singkat, kejar dia kedepan menu-ju dapur. Coba untuk membuka peti yang berada diatas sebelah kiri, kemudaian dia bergerak lagi. Kalahkan 3 spirit yang muncul. Kembali menuju ruang kapten kapal dan dapatkan kunci kapal hantu, gunakan kunci untuk membuka pintu yang terkunci di sebelah kiri tangga dan dari sana masuki pintu sebelahnya menuju ruang perawatan. (jika kamu memasuki anjungan kapal hantu, kamu akan menemukan peti yang terkunci. Kombinasi dari kunci tersebut dapat ditemukan dengan memeriksa benda yang berkilau-an di dapur. Dengan memeriksa-nya empat hantu lalu muncul masing-masing memberikan kamu nomor secara acak. Tiga dari kombinasi nomor ini dapat membuka peti yang terkunci. Makin cepat kamu dapat membukanya makin bagus hadiah yang akan kamu terima).

Hantu kapten muncul ber-sama pengawalnya dan me-nyerang kamu. Dalam pertem-purannya, setiap lawan yang kamu kalahkan akan bangkit lagu setelah beberapa putaran. Konsentrasikan serangan kamu kepada sang kapten, setelah HP-nya rendah, serang dia dengan menggunakan Dragoon magic atau item yang menyerang multi target. Karena hantu tersebut beratribut Darkness, maka serangan atribut Light akan berpengaruh besar terhadapnya. Setelah hantu tersebut menghi-lang, masuk keruang perawatan dan periksa ayunan bayi. Setelah itu, berlari kembali menuju Quin Fury.


Bab 22
Lepas Pantai


Setelah event dari kapal hantu terlewati, kamu menemu-kan dirimu terdampar di desa Lidiera di pantai. Ketika kamu akan pergi meninggalkan desa, Pete dan ibunya meminta kamu untuk mengajaknya ke Fuenu.

Tinggalkan Lidiera dan lewati gua bawah laut untuk mencapai Fueno. Di kota Fueno, jalan menuju pelabuhan diujung jalan untuk melihat Quin Fury berlabuh dengan selamat. Selanjutnya pergi ke Hotel untuk bergabung dengan anggota party kamu. Bicara pada Shana di lantai dua, kemudian dapatkan informasi dari kapten Fuler dipelabuhan dan pemabuk di pintu masuk kota. Karena kamu sekarang perlu untuk pergi ke Prison Island, kembali menuju Lidiera agar kamu dapat menurunkan air di goa bawah laut (Undersea Ca-vern).

Sampai di Lidiera, naik sampan menuju dock (pelabuhan kecil) dan bicara pada mayor. Pilih "We need to see the monster" ketika ditanya mengapa ingin ke Prison Island. Selan-jutnya, masuk ke dalam goa di sebelah rumah Pete dan putar katup pengendali pintu gerbang pengendali air pasang, kemudian kembali menuju gua bawah laut.


Bab 23
Meru-Dragoon ke Tujuh


Dengan air laut surut, kamu dapat masuk ke bagian gua yang menuju ke Prison Island. Jalan terus melewati gua sampai kamu menemukan Lenus dan Loyd. Walaupun Loyd pergi, Lenus menantang kamu untuk bertem-pur kembali, hanya saja pada saat ini dia bersama dengan temannya.

Seperti sebelumnya Lenus yang memiliki elemen air, seperti juga Dragon yang dimilikinya, jadi magic dari Dragon fire milik Dart akan menjadi senjata yang tepat untuk melawannya. Lenus tidak akan menyerang segencar sebelumnya, seperti yang dilakukannya di Twin Castle. Setelah mengalahkan Lenus kamu akan mendapatkan Dragoon Spirit biru laut (blue sea).


Bab 24
Undangan Menuju Ball


Kembali ke Fueno dan berte-mu dengan kapten Puler di pela-buhan (katakan padanya kamu senang menjadi pelaut dan kamu akan menerima 100 Gold). Naik kekapal Quen Fury dan menuju ke Donau; dari sana, kembali menuju Fletz, dikota Fletz (tukarkan stardust yang kamu miliki ke Martel di bar) masuk ke Twin Casle dan temui raja Zior di ruang istana matahari.

Setelah tertunda beberapa saat berbincang-bincang berdua dengan Shana, temukan taman-taman party kamu dan katakan manfaat bouquet sudah mulai terlihat (Kongol ada diruang latihan, Albert ada diruang putri Emille dipuncak menara bulan, Rose ada di ruang tidur, Haschel dan Meru ada di ruang makan). Ketika mereka semua sudah kamu temukan, temui lady maid Libria di sebuah ruangan di belakang ruang latihan agar Shana mendapatkan Pakaian untuk digunakan. Di pesta jamuan, bicara pada anggota party, kemudian kembali ke balkon dari istana matahari untuk melanjutkan berbincang-bincang bersama Shana.


 
Cari Pos ini bersama Dart untuk mencari Stardust.

DISK TIGA
FATE AND SOUL
Bab 25
Seorang Anak Yang Menangisi Srigala


Dalam perjalanan ke Furni, ja-lan ke belakang kota untuk mengetahui seorang anak telah hilang di hutan evergreen dan da-lam bahaya ancaman srigala putih (peliharaannya). Cari Ma-yor di rumahnya (kamu akan membutuhkan sampan yang bisa kamu dapatkan di hotel). Dia a-kan menanyakan apakah kamu akan bergabung dengan anggota pencari yang lainnya dan apakah kamu akan bermalam di rumahnya. Keesokan paginya, tinggal-kan Furni (bawa sampan keluar ke sebelah kanan rumah Mayor) dan pergi menuju hutan Evergreen.

Teo akan ditemukan di atas bukit di bagian paling atas di hu-tan tersebut. Tetapi setelah kamu temukan Srigala putih Kamuy pergi berlari ke semak-semak. Keduanya, dia (srigala) dan Teo pergi melarikan diri. Periksa jalan yang menuju ke sebelah kiri atas hutan untuk menemukannya. Selanjutnya srigala itu akan menjadi lawanmu.

Kamuy sang srigala tidak memiliki elemen, jadi gunakan seranganmu yang paling kuat untuk menyerang dan mengalah-kannya. Setelah pertempuran , ambil jalan keluar dari hutan di bagian bawah sebelah kiri.Di bawah tempat penjaga menutupi jalan di sebelahnya untuk kemu-dian Rose dan Meru meninggal-kan Party. Jika kamu kembali ke Furni dan bicara pada Harris Ksatria setempat di rumahnya, kamu akan mendapatkan hadiah 500 Gold).


Bab 26
Masa Depan Di Masa Lalu


Setelah melewati hutan, ma-suki Deningrad dan bicara pada Uskup Dille di dalam gereja agar kamu dapat belajar tentang Devine Tree. Selanjutnya, bicara kepada penjaga perpustakaan Ute di altar gereja, kemudian ikuti dia menuju perpustakaan nasio-nal. Di dalam, bicara pada ma-sing-masing anggota party kamu, kemudian kepada Ute dua kali, di perpustakaan dan di ruang referensi (di atas).

Potongan menuju Rose . . . 
Sambil jalan-jalan di daerah Neet, dia bertemu dengan Sister Luana di monumen reruntuhan kota.

Potongan menuju Meru . . .
Kembali ke kampung halaman-nya, Meru bicara dengan Ancestor Blano (sesepuh) dan orang tuanya, kemudian pergi.

Kembali ke Deningrad, ketika ingin meninggalkan kota, kamu berlari menuju Rose dan sister Luanna dan Setie. Ketika define Dragon baru saja menggempar-kan kota, Meru kembali. Cari Queen Teresa di Crystal Palace dan ikut membantu First Sacred Sister, Miranda. Ketika kamu sadar bahwa Shana menghilang, cari dia di ruang signet (berada di atas sebelah kanan ruang singgasana). Ketika kamu mencarinya kekuatan silver dragon berpindah dari tubuh Shana ke tubuh Miranda, menyebabkan Shana tidak sadarkan diri. Ketika dia sadar, Shana memutuskan untuk tinggal di istana dan beristirahat. Jadi dengan Miranda sekarang sebagai anggota party kamu, tinggal Deningrad dan pergi menuju ke hutan Winglies (kampung halaman Meru).


Bab 27
Sebuah Tombak Dapat Menangkal Drag


Hutan Winglies dapat dicapai dengan mengikuti jalan ke bukit tempat kamu pertama kali melihat Teo di hutan Evergreen. Sebelum kamu pergi ke hutan Winglies, kamu mungkin ingin pergi ke jalan sebelang timur keluar dari hutan Evergreen dan singgah sebentar di kota Neet. Di sana kamu dapat menemukan Stardust). Ketika sampai di dalam perkampungan Winglies, temui Ancestor Blano agar kamu dapat menanyakan tentang Dragon Block Staff (tombak pembunuh naga). Setelah dituntun menuju pintu masuk Forbidden Land, pergi masuk untuk mengambil senjata tersebut (Dragon Block Staff).

Di dalam Forbidden Land gunakan piringan Warp dan tangga untuk mencapai piringan pemulih kesehatan dan save point yang ada di dekat reruntuh-an Coliseum. Jika kamu melanjut-kan ke depan, kamu akan menuju ke sebuah ruangan dengan 6 buah piringan yang bisa diaktif-kan. Jika kamu memberikan nomor pada mereka dari kiri kekanan, 1 sampai 6 aktifkan mereka dengan nomor sebagai berikut: 6, 1, 3, 4, 5, 2. Dengan demikian akan terbuka sebuah piringan Warp yang membawa kamu bertemu dengan sub boss (monster Virage) di Forbidden Land.

Setelah 10 kali putaran se-rangan, Virage ini melepaskan serangan secara besar-besaran ke kamu dan anggota party kamu, kemudian mati. Karena Virage ini tidak memiliki elemen, gunakan serangan dan magic kamu yang paling kuat untuk mengalah-kannya. Ini merupakan saat yang paling tepat untuk menggunakan pilihan Special jika kamu memilikinya. Sampai kamu dapat mengalahkannya.

Sekarang kamu melangkah ke atas piringan Warp di sebelah kanan dari save point dan kamu akan dibawa menuju ke sebuah ruangan dengan piringan merah yang ada nomornya di lantai. Piringan ini mengendalikan pelindung dari piringan warp sisi sebelah timur ruangan tersebut. Hancurkan piringan (ada 5 buah) kemudian gunakan piringan Warp. Setelah kamu mencapai jalan berbentuk spiral, gunakan piringan Warp yang ada di tengahnya untuk dibawa ke sebuah ruangan tempat kamu dapat menemukan Dragon Block Staff. Kamu akan segera menge-tahui bahwa dalam mendapatkan Dragon Block Staff tidak hanya dapat mengambil dengan mudah.

Penjaga Dragon Block Staf itu adalah Grand Jewel. Karena dia memiliki elemen Eart, Albert akan sangat berguna dalam pertem-puran ini. Sementara boss ini mungkin tidak memiliki HP tinggi, tetapi dia memiliki serangan dan magic yang sangat kuat. Jadi jangan ragu untuk bertahan atau menggunakan item penyembuh (HP Recovery). Ia juga dapat menggunakan Dragon Block Staff untuk mengurangi kekuatan serangan Dragon kamu. Jadi jika kamu memutuskan untuk berubah menjadi bentuk Dragoon, kamu mungkin perlu meninggalkan salah seorang anggota party agar tidak berubah. Dengan cara ini kamu masih dapat mengeluarkan item yang kamu perlukan. Setelah menga-lahkan Grand Jewel, ambil Dragon Block Staff dan kembali menuju Crystal Palace di Denigrad.

Tanpa menggunakan wujud Dragoon, kamu harus menggunakan Addition dengan baik.



 
Di Welb, cari Emperor di bagian bawah kota.
Bab 28
Sebuah Piala Untuk Loyd


Pergi ke ruang singgasana di Crystal Palace untuk mengetahui apakah sang ratu dan Shana dalam keadan baik-baik saja. Setelah keadaan menjadi tenang kembali tinggalkan Denigrad menuju ke gunung Mortal Dragon (jangan lupa menemui Martel untuk menukar Stardust yang kamu miliki). Kamu mungkin menerima item yang baru seperti Rianbow Earring.

Untuk mencapai pegunungan Mortal Dragon, ambil jalan tengah ke sebelah kiri di hutan Evergreen (jalan yang tadinya dihalangi oleh seorang prajurit penjaga), kemu-dian hanya dalam waktu singkat perjalanan ke sebelah timur dari Mille Sesau. Di pegungungan ja-lan terus menuju ke atas untuk menemui Divine Dargon dan Loyd.

Karena Dragon Block Staff secara otomatis digunakan pada saat bertempur melawan Dragon sebaiknya tidak usah berubah menjadi bentuk Dragoon. Lebih baik menggunakan Addition yang kamu miliki dengan baik. Seperti Virage, Devie Dragon memiliki beberapa titik kelemahan, tetapi cukup sulit untuk mengalahkannya. Akhirnya jika kamu sebelumnya menemukan item Speeddown di daerah sebelum menuju dragon are, gunakan item tersebut. Setelah pertempuran selesai, kembali menuju Deningrad dan cari Sister Wink di istana Cystal Palace.

Bab 29
Walaupun dipasang tumbuhan yang terbaik


Sebelum diberitahukan lokasi menara flanvel, tinggalkan Deningrad dan menuju ke barat ke sungai Kashua. Lewati sungai sampai kamu mencapai pos penunjuk arah, dan dari sana ambil jalan menuju ke bawah sebelah kanan. Setelah menca-pai ke bawah dari tangga ES kamu akan melewati monster yang disebut Wingdigo.

Makhluk ini memiliki elemen Water, jadi kemampuan Dart akan sangat berpengaruh. Dari waktu ke waktu serangan, Wing-digo akan mengambil salah se-orang party kamu dan menahan-nya di pelukannya (dengan me-mukulnya kamu akan menyakiti anggota party kamu sendiri). Ketika hal ini terjadi hancurkan canon salju yang dikeluarkannya untuk merebut anggota party kamu kembali. Ini juga akan membuka jantung Wingdigo. Dengan menghancurkan (menyerang) jantungnya akan mem-percepat kekalahan mahluk tersebut.

Lanjutkan naik ke atas jalan yang menanjak setelah menga-lahkan Wingdigo untuk menemukan menara Flanvel. Di dalam menara gunakan pipa Warp untuk mencapai tempat yang lebih tinggi. Masuki ruangan yang pa-ling atas untuk bertemu dengan Loyd. Dalam pertempuran ini sebaiknya kamu tidak berubah bentuk menjadi Dragoon. Jika kamu ingin melakukannya gunakan Talisman, karena senjata Loyd adalah Dragon Baster, senjata yang dapat membunuh Dragoon. Pastikan kamu memiliki banyak item Haling Breezes.

Setelah mengalahkan Loyd, sister Wing memberitahukan kamu bahwa Emperor Dias telah menculik Shana. Untuk menda-patkannya kembali kamu harus membawa benda difine Moon ke Vellweb. Sebelum pergi, gunakan pipa Warp sebelah kanan dari daerah yang aman di dekat puncak menara jadi kamu dapat sebuah Therapy Ring dari ruang Faust. Setelah di sana, jangan dekati Faust atau kamu akan betarung melawannya (pilih "Escape" dari Battle Menu jika dia menyerang).


Bab 30
Kematian Yang Kejam


Kembali ke tempat kamu meli-hat pos penunjuk arah sebelum-nya di sungai, dan ikuti jalan yang mengarah ke atas sebelah kiri. Di World Map, jalan ke sebelah barat menuju Snowfield. Setelah sampai di Snowfield, di sana ada sebuah goa yang dapat kamu gunakan sebagai tempat perlindungan (periksa api yang ada di sana). Ketika kamu sampai di pos penunjuk arah, lanjutkan perjalanan ke utara menuju Vellweb, jalan ke tangga berte-bing yang terdekat dan jatuh ke dalam luncuran salju. Untuk mengambil 2 peti di bawah tang-ga tekan tanda silang pada saat di langkah pertama, ketiga dan keempat untuk peti yang sebelah kiri setelah jatuh dari sebelah kiri tanda, kemudian setelah berjalan kembali naik ke atas dan mengambil jalan meluncur ke sebelah kanan tanda, tekan x pada langkan kedua dan keempat untuk mendapatkan peti yang ada di sebelah kanan. Pastikan menekan tanda silang tepat di bawah peluncuran untuk dapat mendarat dengan baik saat kamu terjatuh.

Di bawah (di dasar), ikuti jalan menuju ke atas sebelah kiri. Setelah perjalanan singkat kamu akan sampai ke reruntuhan Fort Magrad. Dekati sebuah patung yang ada di tengah reruntuhan ganggu arwah dari tentara yang tewas pada saat pertempuran Dragon Campaign, dimana kemudian mendatangkan spirit (hantu) yang dikenal sebagai Poltergeist. Musuh ini memiliki kemampuan mengambil Battle Command yang kamu miliki (hancurkan helmnya untuk me-matahkan pertahanannya) dan berakhir dengan pembunuhan secara instan. Sebaiknya per-siapkan salah karakter kamu untuk menggunakan Talisman. Seperti Virage, musuh ini memiliki beberapa target point. Hancurkan semua target point, tidak hanya bagian kepala. Jika kamu berubah menjadi Dragoon, musuh kamu akan bertempur dengan lebih kuat. Setelah mengalahkan Potergeist, kembali menuju seluncuran ES, kemudian tinggalkan Snowfield dan jalan ke sebelah barat menuju Vellweb.


Bab 31
Masa Lalu Kembali Untuk Memburu Kamu


Di dalam ibukota Vellweb, jalan menuju singgasana Holy Emperor, yang terletak di bawah menara Seven Dragoon. Kamu dapat menemukan dua orang pedagang tepat di bawah sebelah kanan dari batrei yang besar. Shirley, spirit (hantu) yang berasal dari Shrine, muncul di dasar menara. Setelah dia memberi-tahukan kamu tentang masalah masa lalu Dragoon, jalan menuju ke bawah melalui tangga bawah sebelah kiri. Lanjutkan ke bawah, kamu akan menemukan jalan menuju Emperor Diaz.



 
Selagi mengantri, jangan keluar dari barisan sebelum kamu dipanggil.

 
Selebus memiliki kemampuan menyembuhkan kawan satu timnya.
DISK EMPAT
MOON AND FATE
Bab 32
Ingat.... Jalan Di Gurun


Dalam perjalanan kamu menempuh Death Frontier (batas kematian) menuju kota Wingly (manusia bersayap) Ulara, jalan menuju bagian pertama dari padang pasir yang ada di sebelah kanan ketika kamu mencapai sudut bagian bawah sebelah kanan (jika kamu terperosok kedalam pusaran pasir, kamu akan jatuh ke goa bawah tanah dekat dimana kamu pertama masuk padang pasir). Ketika di bagian yang kedua dari Death Frontier (ada sebuah save point dan kolam penyembuh dapat kamu temukan di sebelah kanan pertama daerah berpasir dan di pusat daerah bagian atas), jalan ke atas dari daerah pusat bagian atas untuk keluar menuju World Map.

Bab 33
Manusia Bersayap


Gunakan piringan Warp untuk menelusuri bagian yang berbaha-ya di utara untuk dapat masuk ke kota. Selanjutnya, cari Charle di dalam ruangannya dan tanyakan padanya tentang semua infor-masi yang dia tawarkan. Setelah mendengar bahwa kamu harus mencari 3 buah Signet Spheres di dalam kota Magic Aglis, kota hukum Zenebatos, dan kota kematian Mayfil, jalan berkeliling di sekitar utara untuk mencari anggota party kamu, kamu akan menemukan mereka di lokasi sebagai berikut:

Rose di luar ruangan Charle, Albert dan Kongol di toko sen-jata, Hascel dan Miranda berada di bar (toko minuman) dan Meru berada di pintu masuk piringan Warp (pastikan untuk membeli apa yang kamu butuhkan di toko sebelum menemukan Meru). Setelah kamu mengatur dan memasang kembali anggota party kamu, Caron memberita-hukan kepada kamu untuk kembali kepadanya besok pagi. Sementara itu Caron mengirim kamu menuju ke rumah para raksasa (home of Gigantos) agar kamu dapat melanjutkan perja-lanan menuju Flatz.

Bab 34
Kota Di Tepi Pantai


Di kota Fletz, temui King Zior (raja Zior) di Twin Castle, kemudian naik ke kapal Queen Fury di pela-buhan baru di bawah istana (masuki pintu di hall pintu masuk istana) dan bersiap untuk berla-yar menuju Rouge, kampung halaman Haschel.

Ketika sudah berlabuh di Rouge, bicara pada mayor di markasnya. Kamu dapat mene-mukan martel di ruang belakang, jika kamu memberikan 50 Star-dust, dia akan memberikan kamu Vanishing Stone. Kemudian ke luar dari tempat tersebut menuju bukit tidak jauh dari tempat tersebut. Setelah melihat menara yang baru akan dituju yaitu kota magic Aglis dari bukit, mulai kembali ke perkampungan. Keti-ka melihat laut terpisah, kembali ke pelabuhan Rouge dan pergi menuju Aglis.


Bab 35
Kekuatan dari Sebuah Keberanian


Setelah memasuki Aglis, gu-nakan piringan warp untuk men-capai atap, komite penyambutan selamat datang. Dari sana, lanjutkan ke depan dengan menggunakan piringan warp sampai kamu mencapai ruang cermin. Bicara pada Spino lalu lanjutkan menuju ruang Savan. Katakan pada Savan bahwa kamu sudah siap untuk diuji keberanian kamu, lalu maju ke daerah ruang tantangan untuk bersiap menjalani test. Bicara pada Savan lagi untuk memulai test.

Pada test ini, jawab pertanya-an yang diajukan seperti sebagai berikut (bicara pada Savan setiap kali selesai melakukan test untuk melanjutkan yang berikutnya):
Kongol: "Take Doel sword".
Miranda: pertanyaan pertama jawab yang mana saja, untuk pertanyaan kedua jawab "I can not die now".
Albert: "I... cannot do that".
Meru: "I still cannot die!".
Haschel: "I couldn't stop her".
Rose: Rose tidak ditanyakan.
Dart: "I will save Shana no matter what".

Setelah test selesai, kejar dan ikuti Savan beberapa ruangan dari situ untuk menerima bom Psychedelic. Ikuti Savan (dia akan muncul di suatu tempat di sepanjang jalan ke depan) ke ruang Signet dan mulailah konfontasi kamu dengan Kraken yang terakhir.

Dengan elemen water, Kraken akan mudah diserang oleh Dragoon Magic milik Dart, setelah merasa kalah Kraken akan memanggil dua kawannya. Mereka semua harus dikalahkan untuk mengakhiri pertempuran. Setelah mengalahkan Kraken, tinggalkan Aglis dengan melalui piringan warp melewati pintu di sebelah kiri ruangan tempat kamu pertama kali berrtemu Ruff.


Bab 36
Saya adalah Hukum


Piringan warp membawamu ke kota hukum Zenebatoz, saat kamu bertemu Coolon. Coolon adalah makhluk yang bisa ter-bang yang akan bertindak seba-gai pesawat yang akan mengan-tarkan kamu ke mana saja kamu inginkan. Serta memungkinkan kamu untuk mencapai sembilan lokasi dengan cepat.

Mulai dengan berbicara pada pemandu Lapto 00 di atap ruang piringan warp kota Aglis. Setelah mendengar isi artikel (hukum) 703, lihat pemandu Lapto 04 di pojok dan naik ke piringan ter-bang yang menuju pusat daerah Legislation. Di Legislation dan area berikutnya, kamu akan menemukan jalan yang rumit dan piringan warp yang dijaga oleh penjaga yang selalu berpatroli. Tujuannya adalah untuk menca-pai piringan warp berikutnya yang menuju ke daerah yang dituju. Jika tertangkap oleh salah seo-rang penjaga kamu akan dipenja-rakan, kamu harus mengulangi perjalanan kamu dari awal.

Setelah sampai di pusat legislation, masuk dalam antrian bersama lapto yang lainnya (jangan menerobos antrian, karena kamu akan kehilangan giliran), ketika sudah giliran kamu, jalan ke tengah-tengah untuk bicara. Katakan pada dewan Le-gislation para Lapto bahwa kamu ingin meminta revisi hukum (jawab "no" jika dia menanyakan "do you wish to submit a bill"). Ketika ditanyakan nomor hukum yang ingin direvisi, masukan 703.

Dengan hukum yang sudah kamu revisi, kamu mendapatkan Law Production License (izin memproduksi Hukum)dan kamu harus membawanya ke Law Factory (pabrik Hukum).

Di dalam Law Factory, berikan Law Production License kepada Lapto 64 dan kamu akan mendapatkan Law Launcing License. Kemudian bawa license ini ke bagian Law Launcer untuk disetujui. Setelah menaiki piringan terbang menuju Law Launcer, bicara pada Lapto 17 untuk menyelesaikan proses amandemen hukum. Setelah selesai, kembali menuju Lapto 00 (pemandu) di atap ruang piringan Warp Aglis dan gunakan piringan terbang untuk mencapai Great Court. Di dalam, kamu akan diberikan kalimat mematikan oleh hakim Nomos, dan kamu harus menerima hukuman mati yang dilaksanakan oleh Vector, Selebus dan Kubila.

Ketiga lawanmu ini memiliki elemen Darknes, jadi Dragoon Magic milik Miranda akan dapat mengalahkannya. Dalam per-tempuran ini sebaiknya gunakan Talisman pada Dart.

Setelah mengalahkan ketiga lawan yang akan mengeksekusi kamu, jalan ke depan menuju ruang Signet Sphere. Setelah menerima beberapa berita yang tidak menyenangkan, kembali ke tempat di mana ada piringan terbang menuju ke Aglis. Bicara kepada Lapto pemandu yang berada di luar ruangan untuk belajar cara merefisi artikel 410. Dalam perjalanan mengubah artikel ini kamu dapat meng-gunakan piringan Warp menuju ke Mayfil. Prosesnya sama de-ngan sewaktu kamu merubah artikel 703. Alternatif artikel lain yang dapat diubah adalah 659 dimana dengan hukum ini kamu tidak akan ditahan jika bertemu dengan lapto penjaga dan artikel 666 dimana kamu tidak akan dihalangi oleh musuh yang datang secara acak di daerah Zenebatos. Setelah artikel direvisi, kamu dapat menggunakan piringan warp untuk perjalanan menuju kota kematian Mayfil (jika kamu melakukannya, kamu bisa langsung ke bab 39).



Bab 37
Damai Pada Akhirnya


Untuk mendapatkan tantangan tambahan, kamu boleh kembali melalui Coolon menuju De-ningrad sebelum melanjutkan ke Mayfil. Dari Deningrad, mulai perjalanan ke barat melewati World map menuju Vellweb. Lanjutkan perjalanan sebagai Shirley, pemilik White Silver Dragoon dari Dragon Campaign, menginstruksikan kamu untuk menuju menara Seven Dragonn (tepat di sebelah kiri save point) dan naiki tempat tersebut untuk mencari arwah empat Dragoon yang hilang. Dalam misi membebaskan arwah teman seperjuang-anmu Rose, kamu harus menga-lahkannya dalam pertempuran. Tepat di dalam ruangan di atas menara kamu akan menemukan sesuatu yang mengejutkan.

Damia, memiliki Blue Sea Dragoon. Karena dia memiliki elemen Water, Dart akan menjadi lawannya yang terbaik. Dengan mengalahkannya dalam pertem-puran kamu akan mendapatkan Blue Sea Stone Accessory.

Syufevil, pemilik Jade Dragoon, seperti yang dimiliki oleh Albert atau Lavitz. Karena dia memiliki elemen Wind, maka Kongol akan menjadi lawan yang baik. Dengan mengalahkannya kamu akan mendapatkan jade Stone Accessory.

Kanzas, pemilik Violet Dragoon, seperti yang dimiliki Haschel. Setelah mengalahkannya kamu akan mendapatkan Violet Stone Accessory.

Belzac, pemilik Golden Dragoon, yang paling kuat dari yang sebelumnya. Dengan mengalahkannya kamu akan mendapatkan Golden Stone Accessory.


Bab 38
Asap dan Cermin


Jika kamu memiliki Vanishing Stone (yang kamu terima dari martel sewaktu menyerahkan 50 Stardust yang kamu miliki), laku-kan perjalanan menuju Kashua Glacier dan mesuk ke menara Flanvel. Gunakan piringan warp di sebelah kanan ketika kamu mencapai puncak untuk dibawa ke ruangan Faust sang Magician.

Ketika Faust muncul, Vanishing Stone memusnahkan hantu-nya, membuat kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju piringan warp yang ada di tengah. Gunakan piringan tersebut dan ikuti tabung warp. Untuk dapat menuju ke tempat tiga buah bagian jembatan batu yang sudah rusak (setelah save point) di dalam menara. Dalam perjalanan menuju ke tengah jembatan, kamu terjatuh ke dalam ruangan lain di bawah. Di sini kamu dapat memilih untuk menghadapi Faust yang sesungguhnya.

Faust adalah salah satu musuh yang terkuat yang kamu hadapi dalam game ini. Karena ia tidak memiliki elemen, gunakan karakter kamu yang paling kuat. Faust memilki serangan yang dapat menjatuhkan karakter kamu dengan cepat, jadi sebaiknya persiapkan item Angle Prayer dan Healing Potion sebanyak mungkin. Dia bisa juga diserang dengan addition, khususnya oleh setiap karakter yang dapat mengeluarkan addition dengan sempurna. Gunakan kesempatan ini untuk menyerangn menggunakan Addition. Jika ada kesempatan gunakan juga serangan Dragon Magic. Setelah Faust dikalahkan kamu akan menerima Phantom Shield, 10.000 gold dan 20.000 Exp. Ketika kamu sudah siap tinggalkan ruangan bawah tersebut dengan menggunakan tabung warp di atas ruangan.

Bab 39
Saya Melihat Orang Yang Sudah Mati


Di kota kematian Mayfil, kamu akan segera menemukan arwah Feyrbrand, Dragon Tusked hijau (Dragon yang bertaring berwarna hijau). Dekati dan mulailah pertempuran dengannya untuk membebaskannya, seperti yang kamu lakukan dengan arwah dari Lost Dragoon (Dragoon yang hilang).

Dengan menggunakan elemen Wind Kongol dapat mengalahkannya lebih cepat Feyrbrand dapat menyerang dengan mengeluarkan Stun dan Fear, jadi sebaiknya kamu bersiap-siap. Setelah kamu mengalahkannya, lanjutkan per-jalanan sampai kamu memasuki tempat arwah Regole, yang memiliki Dragon biru laut. Kalahkan dia untuk membebas-kannya dari tempat buangan tersebut, tetapi kamu harus hati-hati. Serangan milik Regol dapat mengeluarkan sekumpulan pukulan yang sangat keras. Final Burst milik Dart sangat tepat untuk melawan musuh yang memiliki elemen Water ini.

Setelah kemenanganmu, lanjutkan perjalanan untuk menyeberang dan memasuki tempat arwah dari Divine Dragon. Karena Dragon ini tidak memiliki elemen, gunakan serangan kamu yang paling kuat melawannya (ada tiga buah pertempuran yang dapat kamu hindari dengan cara tidak mendekati Dragon Soul/arwah). Tidak lama kemudian, kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan lantai yang transparan dan sekumpulan energi berhemburan dari bawah.

Di ruangan ini kamu hanya dapat berjalan di atas lantai yang berubah warna menjadi merah ketika energi yang berhamburan mengenai lantai tersebut, dan lantai yang lain adalah lubang. Di ruang sebelah kanan, kamu akan menemukan arwah ibunya Dart. Jalan menuju titik penyembuhan yang ada di ruangan ini akan menyembuhkan karakter kamu. Arwah yang pernah dibunuh oleh Rose pada semasa hidupnya keluar memenuhi ruangan, sementara kamu terus melan-jutkan perjalanan menggunakan piringan warp menuju ke kiri yang akan membawa kamu menuju arwah kawan seperjuangan kamu Lavitz.

Ikuti Lavitz dengan piringan warp untuk berhadapan dengan-nya. Dalam pertarungan ini, kamu dan kawan-kawan kamu sebaik-nya bertahan (defend) sampai kamu diberi kesempatan untuk bicara dengannya. Dengan berbicara akan mengakibatkan dia berbalik badan agar kamu dapat menghancurkan suatu benda yang ada di belakangnya yang menyebabkan dia dirasuki oleh setan. Pada saat ini serangannya dapat mengeluarkan Confution, jadi siapkan perlengkapan panic Guard. Jika dia berbalik untuk berhadapan dengan kamu, lanjutkan pertahanan sampai dia berbicara lagi dengan kamu.

Setelah benda yang berada di belakang Lavitz hancur, kamu akan berhadapan dengan Iblis Blackwell. Melawan iblis dari kegelapan yang memiliki elemen Darkness ini, serangan magic dan final addition dari elemen Light yang dimiliki oleh salah seorang karaktermu akan dapat mengalahkannya. Blackwell memiliki kemampuan merubah dirinya menjadi seekor kelelawar. Bila ini terjadi, sebaiknya kamu bertahan dan menunggu. Setelah kamu mengalahkan Blackwell, arwah Lavitz akan bebas. Jalan ke depan menuju tempat spiritual energi dan gunakan untuk mendapatkan Signet Sphere yang terakhir.










Bab 40
Buah Dari Pohon


Setelah sampai di Devine Tree, ambil jalan ke depan menuju "The Moon That Never Set" yang terlihat di atasnya. Sebuah tempat penyembuhan dapat kamu temukan di dekat akhir jalan tersebut yang dapat membawa kamu ke tempat yang lebih tinggi. Sebelum mencapai puncak, jalan kamu dihalangi oleh Caterpillar (ulat) raksasa.

Boss di sini ada 3 yaitu Caterpillar, Pupa dan Imago. Dua senjata yang dimiliki Caterpillar adalah mengeluarkan Stun dan Potion, jadi mungkin kamu ingin mempersiapkan item untuk bertahan. Pupa tidak terlalu menjadi masalah, tetapi Imago memiliki serangan yang dapat menyebabkan kematian atau mencabut roh. Sebaiknya kamu mempersiapkan Talisman atau Active Ring untuk kamu bawa. Setelah kamu mengalahkan mereka lanjutkan perjalanan menuju "The Moon That Never Set".

Bab 41
Menghadapi Setan Kamu


Tujuan kamu yang terakhir adalah untuk mencapai "The Moon That Never Set" untuk membebaskan Shana dan menghentikan God of Destruction (dewa penghancur) yang ingin menghancurkan dunia. Dalam perjalanan kamu ini, kawan-kawan kamu akan pergi satu demi satu untuk menyelesaikan persoalan pribadi mereka masing-masing. Setiap kali ini terjadi, anggota party yang pergi akan berhadapan dengan Sub Boss yang berbentuk sesuatu dari masa lalu mereka. Mereka adalah:

Miranda
Miranda berhadapan dengan setan dengan versi Mawar di tempat dimana dia terakhir melihat ibunya. Selama pertempuran, Miranda tidak dapat berubah menjadi Dragoon, jadi bersiap-siaplah untuk bertahan atau mengunakan item Healing. Miranda melihat sebuah bentuk ibunya di dalam mawar, dan dia memohon maaf. Dan pada akhir pertempuran kamu harus menjawab "I'll Forgive you" untuk mengakhiri pertempuran.

Hascel
Guru besar beladiri ini harus berhadapan dengan anak kan-dungnya yang sudah menghi-lang, Claire. Pastikan untuk berta-han setiap saat untuk memulih-kan kesehatannya. Dia berusaha bicara kepada Claire. Sebuah Therapy Ring akan sangat baik digunakan dalam pertempuran ini, karena Claire memiliki serangan sampai HP kamu menurun menjadi 1 HP. Ketika dia melontarkan sebuah pertanyaan, jawab dengan "Mind's Eye, awaken!" untuk mengakhiri pertempuran.

Kongol
Suku Giganto yang sangat kuat ini harus menghadapi kakaknya Indora. Gunakan kekuatan se-rangan Addition kamu yang paling kuat untuk menyerangnya, tetapi hati-hati jika kamu gagal Indora akan melakukan Counter dan menyerang balik. Gunakan Healing item atau Defend untuk bertahan melawan saudara kamu dalam pertempuran. Dengan mengalahkannya Kongol akan mendapatkan Indora Axe.

Dart dan Rose
Mereka berdua harus berhadapan dengan Michael, Dragon Hitam. Bukannya menyerang tetapi sebaiknya bertahan melawan Dragon ini sampai dia mengajukan sebuah pertanyaan. Pilih "Tell Dart The Blind Spot" untuk jawaban kamu. Setelah itu serang bagian terlemah dari Dragon ketika dia melakukan serangan Aerial Darkness Beam untuk melemahkannya. Jika Rose diperlengkapi dengan Dark Dragon Armor dia akan kebal terhadap serangan Michael. Setelah mengalahkan Dragon tersebut, cari teman-teman anggota party kamu.

Albert
Raja dari Sertdio ini harus bertemu kembali dengan pamannya, Emperor Doel. Dalam pertempuran, Albert dapat menyerang senjata pedang cahaya atau pisau bayangan yang digunakan oleh Doel. Dengan mengalahkan Doel, maka berakhirlah test yang dijalankan Albert.

Meru
Wingly (manusia bersayap) yang masih muda ini harus menghada-pi bentuk lain dari bangsa sejenis-nya sendiri, Archangel. Setelah beberapa putaran serangan yang melemahkannya, Archangel akan melancarkan serangan yang menurunkan HP-nya menjadi hanya tinggal 1 HP. Oleh karena itu, Meru akan memerlukan Therapy Ring. Setelah Meru mengalahkannya, berakhir pula test yang dijalankannya.

Dengan selesainya test yang dijalankan, kamu dan anggota party kamu ini, jalanlah ke depan menuju tiang energy (tempat di mana Meru melawan masa lalu-nya) untuk dibawa menuju Moon Core (inti bulan). Setelah melewati save point, yang berada di antara kamu dan tempat God of Destruction (dewa penghancur), kamu akan bertemu dengan Super Virage. Makhluk ini bertindak sebagai pelindung benih Virage. Sepertinya, kamu harus dapat melewatinya untuk dapat menuju musuh kamu yang sesung-guhnya.

Tidak seperti Virage-virage yang lainnya, ada dua cara untuk mengalahkan musuh ini. Kamu dapat menyerang dan menghan-curkan kepalanya, tetapi kamu akan mendapat balasan atas kehancurannya (dalam bentuk ini dia akan meledak), atau kamu dapat menyerang dan menghancurkan badannya. Jika kamu menyerang badannya mungkin akan memakan waktu lebih lama, tetapi jika dia kalah tidak akan meledak. Super Virage ini tidak memiliki elemen, jadi kamu dapat menggunakan karakter kamu yang paling kuat untuk melawannya.

Setelah dapat melewati Super Virage, kamu akan mengetahui apa yang diyakini oleh anggota party kamu bahwa musuh mereka yang terakhir adalah Zieg (ayah Dart). Karena Zieg memiliki elemen Fire, maka Meru dengan serangan magic Dragon Water-nya akan sangat berpengaruh kepada Zieg. Jika Albert ada dalam kelompok party kamu, langsung saja gunakan serangan Rose Storm Barrel yang dimilikinya. Dengan tidak adanya Dragoon Spirit yang dimiliki Dart, dia hanya dapat berharap agar dapat selamat dalam pertempuran ini. Jika kamu memiliki Psychedelic Bom, sebaiknya kamu gunakan untuk menyerangnya. Karena bom ini dapat menurunkan HP yang dimiliki Zieg sekitar 200 HP atau lebih.

Bab 42
Legenda Dragoon


Penguasa Wingly, muncul dari dalam tubuh Zieg ketika dia terkalahkan, menggantikan Shana sebagai roh yang digabungkan dengan tubuh God of Destruction. Pada saat ini seorang kawan lama muncul dan akhirnya kamu mendapatkan kembali Dragoon spirit dan Dragon Buster. Setelah kamu sudah siap, pertempuran yang sesungguhnya untuk menyelamatkan dunia dimulai.

Rose akan menjadi pilihan yang baik untuk ikut bertempur bersama kamu jika levelnya seimbang dengan anggota party kamu yang lainnya. Karena dalam pertempuran ini tidak berpengaruh terhadap elemen, jadi sebaiknya kamu pilih anggota party kamu yang memiliki magic dan addition yang paling kuat.

Mulai pertarungan dengan menyerang bagian-bagian kecil yang ada disekeliling Melbu. Level mereka lebih rendah, jadi tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengalahkannya, hanya dengan dua kali serangan dengan addition yang sempurna maka mereka akan kalah. Tetapi akan agak lama untuk mengalahkan Melbu, karena dia memiliki trik-trik tersendiri. Oleh karena itu healing item dan angel Prayer akan dapat berguna untuk kamu. Setelah beberapa lama Melbu akan berubah bentuk.

Dalam perubahan bentuk generasi pertama ini, dia memiliki kemampuan untuk menangkap salah satu anggota team kamu. Serang dia untuk membebaskan kawanmu. Selanjutnya generasi keempat, yang dapat melancar-kan serangan magic universal seperti yang digunakan Super Virage. Setelah itu generasi ke-enam, yang dapat menyerang dengan menggunakan serangan sekumpulan wingly, bentuk ini juga memiliki magic dari Dragon Block Staff, yang dapat mengurangi kekuatan dan pertahanan kamu walaupun sedang dalam bentuk Dragoon. Setelah me-lewati semua bentuk generasi ini, Dart dalam bentuk Dragoon akan dapat melumpuhkannya.

Setelah semuanya selesai, duduk dan saksikan bagian akhir dari game ini, Ending yang menarik.


http://docktergame.blogspot.com/2011/09/legend-of-dragoon-v-behaviorurldefaultv.html

1 komentar:

  1. gan bab 5 kaiser berada dimana ya kok aku nggak nemu2

    BalasHapus